Selasa, 13 Juli 2010

Mengatur Mood saat bekerja

Jika suasana hati tidak enak, hal ini memang akan sangat mempengaruhi kinerja anda. Baik secara langsung ataupun tidak langsung. Suasana hati memang terkadang tidak dapat ditebak datangnya, begitu juga masalah, tidak dapat kita perkirakan kapan munculnya. Namun anda dapat mulai mencegah agar suasana hati yang buruk tidak muncul dengan alasan yang tidak jelas.

Dibawah ini ada beberapa tips yang patut anda coba untuk mencegah produktivitas menurun karena suasana hati, antaranya :

1. Lebih teratur
Kerjakan tugas anda secara teratur.jangan menunda apa yang bisa anda selesaikan sekarang. Dengan  begitu, pekerjaan anda tidak akan menumpuk. Minimal, ketika anda tertimpa masalah, problem pekerjaan yang menumpuk tidak akan menambah buruk suasana hati anda.

2. Jaga Kedisiplinan 
Biasakan juga untuk lebih disiplin dalam bekerja. Kerjakan sesuai dengan prosedur, jangan menyimpan dari aturan, dan kerjakan pekerjaan sesuai batas waktu. Anda telah mengurangi satu lagi penyebab suasana hati yang memburuk.

3. Hubungan Baik
Terkadang, suasana hati yang buruk dapat dikarenakan adanya masalah dengan rekan kerja. Karena itu, jagalah hubungan baik dengan rekan kerja anda. Jika ada masalah, selesaikan dengan baik. Konflik yang muncul hanya akan membuat suasana hati dan semangat anda menurun. Tentunya yang rugi anda sendiri, karena anda tidak dapat bekerja dengan optimal.

4. Pahami Kemampuan Diri 
Yang terakhir, jangan memaksakan diri untuk melaksanakan tugas yang sebenarnya bukan kompetensi anda. Jika anda merasa bahwa anda belum mampu, maka mintalah untuk mengerjakan tugas tersebut bersama-sama dalam tim. Katakan pada atasan bahwa anda baru akan belajar lebih banyak mengenai hal itu.

selamat mencoba... semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Apa yang anda cari

Powered By Blogger