Jumat, 23 Oktober 2009

Mitos Mobil Anda


1. Perlu memanaskan mesin mobil dahulu sebelum jalan.
Mesin mobil modern sudah menganut sistim injeksi bahan bakar.sehingga pasokan bahan bakar selalu tepat pada setiap kondisi.termasuk ketika mesin baru distart.tidak perlu tunggu lama,satu menit saja sudah cukup untuk oli bersikulasi.menunggu lebih lama lagi hanya memboroskan bensin dan tidak ramah lingkungan.mengingat saat suhu dingin,asap lebih kotor karena campuran bensin lebih kaya.

2. Tekan gas sebelum mematikan mesin
Mitos ini merupakan kebiasaan mobil jadul.maksudnya buat mengisi aki biar tidak tekor.jadi alternator diputar lebih kencang supaya mengisi aki sebelum mesin mati.mesin masa kini telah dilengkapi alternator dengan IC voltage regulator.kebutuhan arus disuplai akurat.Malah aki mobil lebih kecil,karena suplai tegangan lebih bagus.

3. Mengangkat wiper saat parkir bisa mencegah karetnya mengeras
dipicu cuaca tropis,disinyalir berpengaruh pada karet wiper ketika parkir.meski terkena panas dan tertekan batang,karet wiper tetap punya kelenturan.pabrikan pun punya hitungan tersendiri.maka umumnya usia karet sekitar 2 tahun,tanpa perlu diangkat ketika parkir.malah dengan mengangkat wiper,per didalamnya akan tertarik.terlalu sering bisa menurunkan kekuatan per nya.

4. Menaruh aki dilantai bisa menghabiskan listriknya
Tidak.Mitos ini merebak pada 1950 an.kejadiannya pun bukan pada mobil.tetapi pada jaringan telepon.jika tidak dipakai,aki memang akan mengalami discharge.akan tetapi,aki mobil modern cukup tangguh untuk bisa dipengaruhi lantai,bahkan lantai basah sekalipun.

5. Kondisi knalpot kotor tanda oli terbakar
bukan hanya sekedar melihat,bahkan pemilik cenderung mencolek ujung knalpot buat mendeteksi kecurigaan oli terbakar di mesin.tidak perlu repot berkotor ria,cukup perhatikan asap.oli terbakar akan menghasilkan asap putih.tinggal cek kapan terjadinya,apakah saat stasioner atau ketika mobil berjalan dan dapat beban,kalau stasioner,kemungkinan sil klep rembes.sedangkan jika putaran tinggi,masalah dari ring piston.

6. Menghidupkan AC saat mobil berjalan bisa merusak
disebut bahwa kompresor akan kaget ketika AC dinyalakan saat putaran mesin cukup tinggi.padahal,magnet pada pull kompresor tetap bisa nonaktif kalau termostat mendeteksi suhu kabin sudah dingin.begitu suhu naik,kompessor aktif lagi tanpa peduli mesin pada kondisi rpm berapa.

7. Tekanan angin ban terlalu tinggi bikin ban mudah meletus
Mitos ini tidak benar,ban bukan balon yang mudah meletus kalau tekanan anginnya terlalu tinggi.Pengaruhnya paling hanya pada kenyamanan.justru kalau ban kurang angin,dinding ban jadi tertekuk dan beresiko terkoyak kalau terkena lubang.

8. Parkir dengan roda dibelokkan bisa merusak power steering
hal ini benar dan bisa dijelaskan secara teknis.dengan kondisi roda membelok,katup pada steering rack membuka,padahal pada saat start,terjadi tekanan minyak power steering cukup tinggi,tekanan mendadak ini bisa berpengaruh pada sil dan paking yang bisa menyebabkan kebocoran.

9. Melakukan charging handphone di mobil tidak sebaik dirumah
charger ponsel mempunyai tegangan yang bisa menolerir perbedaan tegangan di mobil.jadi tidak masalah,toh tegangan listrik mobil selalu terjaga karena alternator masa kini memakai IC sebagai penjaga tegangannya.

10. Mobil baru tidak boleh diajak melaju kencang
Pendapat ini berlaku pada mobil lawas.mesin masa kini dibuat dengan tingkat presisi tinggi dan bisa langsung digeber sejak masih nol kilometer.

11. Mobil transmisi otomatis tidak bisa didorong
Dorong mobil ini dimaksudkan buat menghidupkan mobil kala darurat.mesin dengan transmisi otomatis jelas tidak bisa dihidupkan dengan cara ini.tetapi mobil masih tetap bisa didorong untuk dipindahkan.taruh tuas matik pada posisi' N ' jika ada SHIFT LOCK,tekan dulu penguncinya untuk memindahkan.

12. Oli Transmisi encer bisa menambah tarikan
secara teori,pelumas dengan kekentalan rendah memang mampu mengurangi hambatan mekanis.tarikan jadi lebih enak,namun girboks jadi lebih berisik.

13. Pasang Alarm bisa bikin aki tekor
berdasarkan perhitungan,alarm hanya butuh arus 0.06 Ampere untuk standby,ditinggal seminggu pun tidak bikin aki tekor.hanya saja,harap diingat,kalau alarm menyala dan dibiarkan, sirene dan lampu yang aktiflah yang menghabiskan setrum.

14. Mematikan lampu saat macet bisa mengirit setrum
Salah besar kalau menganggap hal ini bisa mengirit setrum dan mencegah aki tekor,pada saat mobil hidup,aki hanya bertindak sebagai penampung arus.supai arus nya disediakan oleh alternator.sedangkan alternator punya IC regulator untuk membaca besarnya kebutuhan arus.

selamat mencoba dan semoga bermanfaata....

Tidak ada komentar:

Apa yang anda cari

Powered By Blogger